9 Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui


Ketika kita mendengar nama buah kurma pasti identik dengan ramadhan dan hal itu sudah tak asing lagi bagi telinga orang Indonesia. Memang ketika bulan ramadhan tiba banyak sekali bermunculan pedagang buah kurma. Entah itu di mall, supermarket, pasar tradisional sampai pinggir jalan pasti kita menemukan buah kurma. Banyaknya penjual buah kurma saat ramadhan tidak lepas karena buah yang asal timur tengah ini memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Apalagi untuk orang yang sedang menjalani puasa, karena dalam satu kilogram kurma mengandung 3000 kalori yang sangat membantu tubuh dalam menegembalikan energi yang hilang.

Ternyata manfaat buah kurma tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sedang berpuasa atau orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti anemia. Namun buah satu ini sangat bermanfaat yang sangat besar untuk Ibu meyusui. Kandungan potassium, serat, vitamin, mineral, zat besi, kalsium, magnesium, sulfur, dan tembaga ini sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh yang dibutuhkan ibu dan bayi tercinta.

 

Mengembalikan Energi setelah melahirkan

Terkurasnya energi saat melahirkan akan membuat sang ibu merasa letih dan lemas apalagi para ibu harus berbagi asupan gizi untuk sang buah hati tercinta sehingga sangat membutuhkan makanan yang cepat untuk memulihkan energi. Para ibu menyusui sekarang tidak perlu khawatir lagi karena memakan buah kurma adalah salah satu solusinya. Dalam satu butir buah kurma terkandung 50 % glukosa dan 2-4% serat yang dapat membantu mempercepat pemulihan energi.

 

Menghindari Anemia

Anemia adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah. Ibu menyusui biasanya sering begadang karena terkadang sang buah hati rewel atau bangun tengah malam untuk menyusui sehingga menyebabkan produksi sel darah merah tidak stabil  karena kurang tidur. Apalagi untuk para Ibu yang sedang menyusui berpuasa ketika bulan ramadhan nanti pasti akan merasa sangah lemas karena harus menyusui si kecil. Karena buah kurma mengandung vitamin B, hal ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan terhindar dari risiko anemia.

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cermin anak sehat pasti cerminan dari ibu yang sehat pula bukan? Bagi para ibu menyusui menjaga daya tahan tubuh saat menyusui itu sangat penting. Hal ini tidak lain disebabkan karena nutrisi yang di transfer kepada sang buah hati berasal dari sang ibu. Bagaimana jika sang ibu tidak sehat, pasti akan berdampak juga kan kepada bayinya sehinnga sang ibu perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga kondisi fisik agar tetap sehat dan kuat. Kandungan tanin yang terkandung dalam buah kurma dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan juga dapat nerfungsi sebagai anti infeksi. Didalam kurma juga terkandung enzim-enzim penangkal racun, anti oksidan serta anti virus dan bakteri yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh.

 

Mengecilkan rahim dan perut

Setelah melahirkan pasti perut Ibu belum terlalu menegcil karena rahim masih buth penyesuaian untuk mengecil dan membutuhkan waktu. Oleh sebab itu mengkonsumsi kurma akan membantu mengecilkanya karena kurma mengandung hormon potuchsin yang sangat bermanfaat pasca persalinan. Mengkonsumsi buah kurma juga akan membantu mengecilkan pembuluh darah yang juga akan berefek mengecilnya rahim dan juga perut.

 

Menurunkan berat badan

Wanita pasti ingin tubuhnya proporsional dipandang oleh sang suami. Apalagi untuk Ibu menyusi yang harus memakan segala makanan guna memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi ibu dan sang buah hati. memang pada saat hamil kita tidak boleh menurunkan berat badan. Tapi apa salahnya jika sudah melahirkan tidak membahayakan janin kan? Salah satu diet sehat untuk menyusui adalah dengan mengkonsumsi  buah kurma. Mengganti cemilan yang penuh karbohidrat dan kolesterol dengan kurma yang sarat akan nutri akan membantu menurunkan berat badan. Namun jangan terlalu intens diet ya Ibu karena ada sang buah hati nih yang perlu diperhatikan dengan intens pula.

 

Melancarkan ASI

Saat menyusui para ibu mengharapkan ASInya agar lancar selalu sehingga sang buah hati akan menerima asupan makanan dengan baik. Namun apa yang harus dilakukan jika ASI tidak lancar sedangkan sebagai seorang orang tua pastinga kita ingin memberikan ASI ekslusif kepada sang buah hari full selama 2 tahnun. Wah akan menjadi masalah ya jika produksi ASI tidak lancar. Jawabanya adalah mengkonsumsi buah kurma. Di dalam buah kurma terkandung banyak sekali vitamin A yabg bagus untuk produksi ASI yang berkualitas.

 

Pembentukan Gigi dan menguatkan tulang

Manfaat buah kurma tidak hanya dirasakan oleh sang ibu namun juga dirasakan oleh sang buah hati. Kandunga zat besi dan kalsium oada buah kurma dapat membantu mempercepat proses pembentukan gigi pada bayi. Vitamin D yang akan diberikan kepada sang buah hati melalui ASI. Vitamin D yang berasal dari kurma ini akan membantu proses pertumbuhan gigi. Kadar zat besi dan kalsium yang tersimpan dalam buah kurma juga dapa membantu memperkuat pertumbuhan tulang pada anak.

 

Menjaga kesehatan sistem saraf

Banyaknya potasiium yang terkandung dalam buah kurma. Potasium adalah salah satu zat utama untuk memperkuat daya ingat dan saraf pada otak. Tidak hanya potasium namun banyaknya vitamin juga membuat buah asal timur tengah ini cocok untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem syaraf pada otak. Sehingga membuat manfaat buah kurma tidak hanya baik untuk sang ibu untuk menjaga sistem syaraf namun juga untuk sang buah hati agar perkembangan otak yang dialaminya tidak terlambat dan bisa berkembang dengan tepat waktu.

 

Menjaga sistem pencernaan

Manfaat buah kurma tidak hanya untuk proses pertumbubuhan saja, namun buah kurma juga bermanfaat untuk proses pembuangan sisa makanan. Terkadang ibu menyussui juga mengalamai gangguan pencernaan yang sangat tidak mengenakan. Kandungan serat yang terkandung dalam buah kurma dapat membantu memperlancara pencernaan yang dialama para ibu menyusui baik itu sembelit maupun diare.

 

Yuk mengkonsumsi Sari Kurma plus Angkak Cap Pria Berpeci, karena Sari Kurma plus Angkak Cap Pria Berpeci terbuat dari bahan utama kurma yang kaya akan manfaat

 

 

 

 

 

sumber : https://hamil.co.id/pasca-hamil/menyusui/manfaat-kurma-untuk-ibu-menyusui